BMX

 

Sejarah BMX berawal dari satu jenis sepeda, “Schwinn Stingray”. Didesign dan diproduksi pada tahun 1963, sepeda stingray pantas mengucapkan terima kasih pada BMX, karena anak-anak menggunakan stingray untuk meniru gaya pengendara motocross pada masa itu.

Sepeda BMX meledak di tahun 1970-an, anak-anak di seluruh negeri mengendarai sepeda mereka diluar dan dijalan raya. Dalam sejarahnya ras BMX memberikan pengendaranya kesempatan untuk menguji kemampuan mereka dengan pengendara BMX lain. Dipertengahan tahun ’70an BMX menjadi lebih spesifik sebagai salah satu jenis sepeda, mengendarai BMX mulai mempunyai teknik tersendiri dan membutuhkan skill tertentu.

American Bicycle Association (ABA) diciptakan mewadahi penggemar BMX dan majalah yang mengarah ke olahraga (seperti Bicycle Motocross Action Magazine (BMXA) dan Bicycle Motocross News) mulai berdiri. Hal ini membantu penyebaran BMX menjadi lebih luas dan cepat. Dalam sejarah mencatat bahwa BMX menjadi populer di negara-negara seluruh dunia ditahun-tahun itu.

Pada awal 1990-an, olahraga ekstrim mulai menjadi sorotan, terutama ketika ESPN menciptakan “X-Games”, hal itu menjadikan olahraga ekstrim menjadi baku dan memenuhi kualifikasi sebagai salah satu cabang olahraga. Dan pertama dalam sejarah, pada tahun 2008 BMX secara resmi menjadi bagian dari Olimpiade.

Hari ini mengendarai BMX memberikan tantangan untuk melakukan dua atau tiga lompatan, berputar diudara dan jamping persis seperti skateboarder. Ini adalah olahraga kecepatan yang tidak identik dengan kasar dan banyak hambatan seperti yang pada umumya digunakan untuk olahraga ekstrim. Frame BMX biasanya 20 inci, dibuat dengan bahan yang ringan dan jauh lebih maju dari sebelumnya.

Ada dua organisasi menaungi balap BMX di amerika: ABA dan National Bicycle League (NBL). Secara umum ABA meliputi pantai barat dan NBL meliputi pantai timur, tak ketinggalan American Freestyle Association (AFA) yang khusus mewadahi freestyle BMX. Sejarah BMX terus berlanjut dalam popularitasnya di Amerika Serikat dan di seluruh dunia sampai pada hari ini.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s